Arts and Crafts Movement

 Arts and Crafts Movement

Periode akhir abad ke-19

Tokoh

William morris dan Edwin Lutyens

Latarbelakang

Muncul pertama kali di Inggris sebagai perlawanan terhadap revolusi industri. Dimana revolusi industri sudah ada sejak tahun 1769. Revolusi industri muncul bersamaan dengan revolusi perancis dan revolusi amerika. Penerapan sistem kerja yang merupakan peniruan dari mesin yaitu manusia dimesinkan atau tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin. Tenaga mesin jauh lebih efisien, lebih cepat, dan hasil lebih banyak dibandingkan dengan tenaga manusia. Kemampuan manual tidak dibutuhkan lagi. Akibatnya tumbuhlah lapisan masyarakat baru yaitu kaum industriawan sebagai rival kaum bangsawan. Industri menggeser seni, ekonomi politik menggeser agama,dan ilmu hitung menggeser puisi. Maka banyak buruh yang di PHK menyebabkan banyaknya pengangguran, kemiskinan, kelaparan, dan tidak ada tempat tinggal karena mereka tidak bisa membayar tanah kemudian banyak muncul kriminalitas.

William Morris dan Edwin Lutyens menentang bahwa revolusi industri tidak baik buat masyarakat, mereka mengoptimalkan kerajinan tangan terutama ukiran. William morris merupakan pencetus art and crafts movement. Beliau adalah seorang artist dan arsitek Inggris yang menghubungkan keindahan pekerjaan dengan pekerjaanya. Maksudnya pekerja seni harus merasa senang dengan apa yang dikerjakannya sehingga menghasilkan kerajinan yang jauh lebih indah yang tidak bisa dibuat oleh mesin. Sehingga kerajinan tangan mempunyai nilai lebih dibandingkan tenaga mesin. Hasil yang dibuat para pengrajin jauh lebih bagus dan kreatif dibandingkan mesin.

Ciri-ciri Detail; gothic style; interior dinding putih atau menggunakan wallpaper; barang-barang tembikar dan tektil berbelit-belit, colorfull dan realistic; ukiran pada furniture.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: